Bagi kita, melakukan berbagai kegiatan mungkin adalah hal yang mudah. Sayangnya, bagi beberapa orang yang memiliki keterbatasan, melakukan pekerjaan dengan mudah adalah hal yang sulit bagi mereka. Tak heran, kita sering melihat banyak kompasiana yang tidak memiliki pekerjaan yang layak. Padahal, banyak dari mereka yang memiliki kemampuan pada satu bidang tertentu dan mereka bisa mengembangkan kemampuan tersebut.

Ketika bertemu para penyandang disabilitas di jalan, apa yang biasa Anda lakukan? banyak orang yang acuh dengan mereka dan tidak memperhatikan mereka. Sebenarnya, para penyandang disabilitas ingin diperlakukan sama dengan yang lainnya. Ada beberapa etika yang harus kamu lakukan saat Anda berinteraksi dengan para penyandang disabilitas.

1. Hindari ucapan “Anda sangat inspiratif”
Orang-orang penyandang cacat secara keseluruhan tidak suka disebut sebagai “inspirasional,” terutama ketika mereka melakukan tugas dasar seperti berbelanja atau membersihkan rumah. Hal ini bukan berarti para penyandang disabilitas tidak menyukai jika Anda menyebutnya inspirasional, namun mereka hanya mencoba menjalani hidup mereka seperti orang lain. Jangan menyebut mereka inspiratif jika mereka mengerjakan pekerjaan dasar. Hal ini hanya akan membuat mereka semakin tidak percaya diri.

2. Apa pun yang Anda lakukan, jangan bicara lebih keras
Masih ada sebagian besar orang yang melakukan atau berbicara mengenai hal yang menyinggung kepada para penyandang disabilitas, contohnya adalah berbicara lebih keras kepada para penyandang disabilitas. Banyak orang yang melakukan ini karena mereka berpikir semua penyandang disabilitas adalah tuli. Anda harus mencoba untuk berbicara dengan suara yang normal kepada mereka. Perlakukan mereka seperti orang normal lainnya sebagai bentuk anda menghormati mereka.

3. Tanyakan sebelum membantu
Mereka mungkin tidak bisa menolak ketika anda menawarkan bantuan, tapi cobalah untuk menahannya. Mereka tahu kapan harus meminta bantuan. Tunggu saja sampai mereka bicara. Bahkan jika sepertinya mereka terlalu malu untuk bertanya. Jadi, cobalah untuk bertanya terlebih dahulu ketika kamu ingin membantu mereka. Ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka karena mereka berusaha mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *